Tips Merawat Lantai Marmer


 Tips Merawat Lantai Marmer 


Tips Merawat Lantai Marmer
Tips Merawat Lantai Marmer

1.  Pembersihan untuk mengangkat  Wax / kotoran  ( Stripping ).
Dengan  menggunakan  OC. Multi Surface Floor Stripper sebagai  Stripper yang tujuannya untuk mengangkat wax/sisa kotoran yang melekat pada permukaan dan grout yang terdapat pada pemasangan Marmer dan Granit, dengan menggunakan  Mesin  Polisher  ( Low  Speed )  dan  Pad  merah, lalu  lantai  dibilas dengan air  bersih  dan  ( Damp Moping ).
2.  Restorasi  :   Untuk  lantai  Marmer
Restorasi  artinya  adalah  membuat  permukaan  Marmer  menjadi  mengkilat kembali  dengan  memakai 'Marble Polishing Compound', takaran  pemakaian tiap 1 kg. MPC dapat mencukupi kurang lebih  50 M2 , Adapun langkah-langkahnya sebagai  berikut: 
Setelah langkah pertama proses  Stripping  dilakukan, lantai dibilas  air bersih tidak  perlu  menunggu  lantai  mengering, tuangkan  secukupnya  MPC diatas permukaan  lantai yang  agak basah  untuk memulai pemolesan lantai dengan menggunakan  Mesin Polisher (Low Speed)  dan  Pad  merah. Dalam proses ini diperlukan  waktu  dan air yang  cukup untuk menjaga  agar  MPC  tetap agak basah,  pergunakan  Window  Squeegee  untuk  melihat  apakah  lantai  sudah mulai  mengkilat. Dan untuk  mendapatkan  kilat yang  lebih sempurna  dapat  diperpanjang  waktu  pemolesan  dengan  menambahkan  M P C secukupnya. 

Tips Merawat Marmer

Jika anda ingin menggunakan Marmer pada bangunan anda seperti untuk lantai, dinding, meja dapur atau meja wastafel, maka ada beberapa tips untuk merawatnya :
  1. Untuk mengisi nat lantai marmer tunggulah 2 - 3 hari setelah pemasangan, agar kandungan air pada adukan benar benar kering sehingga tidak timbul bercak coklat kehitam hitaman pada area sekitar nat marmer nantinya, biasanya diistilahkan dengan marmer "ngompol".
  2. Gunakan selalu Coating sebagai pelindung marmer dari lumut, bercak atau noda yang tidak diinginkan, dimana biasanya coating ini bisa bertahan 3 sampai dengan 6 bulan tergantung kualitasnya.
  3. Segeralah mungkin membersihkan bekas tumpahan minuman berwarna seperti Kopi, Teh, Sirup, minuman Cola dan sejenisnya, dikarenakan jika dibiarkan akan membuat meja/ lantai marmer menjadi bercak hitam atau coklat sehingga akan menggurangi keindahan & kebersihannya.
  4. Biasakan menggunakan tatakan apabila kita menaruh minuman panas pada meja marmer, karena akan membuat bercak bercak putih berbentuk bulat gelas.
  5. Untuk membersihkan/ mengepel lantai gunakanlah pembersih khusus Marmer yang banyak dijual dan  jangan pernah menggunakan bahan pembersih yang mengandung asam seperti Prostek (Pembersih Keramik) atau sejenisnya, dikarenakan akan membuat Marmer/ Granit sekalipun menjadi bercak bercak putih, biasanya bercak ini berbentuk telapak kaki, ember, titik titik putih dalam bentuk percikan air dalam jumlah banyak disebabkan lupa mencuci kaki setelah membersihkan keramik dengan prostek ataupun membersihkan bekas prostek di atas meja wastafel marmer/ granit.
Jika terlanjur terdapat noda di marmer/ granit anda, maka ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk menghilangkan noda bercak di marmer/ Granit :
  • Cara 1: Gosokkan jeruk nipis dan sedikit garam secara hati hati pada permukaan marmer yang terkena noda, anda dapat melihat noda yang menempel segera lenyap, setelah noda hilang cuci meja dengan air sabun biasa dan keringkan.
  • Cara 2: Buat pasta dari campuran soda kue dan air, gosokkan pada marmer yang ternoda lalu diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air hangat, jangan sekali kali membersihkan noda dengan pelitur karena akan merusak warna marmer asli.
  • Cara 3: Tutupi marmer yang terkena noda dengan kapas yang telah disiram cairan H202 atau Bayclin (pemutih pakaian) kemudian ditutup rapat dengan plastik, di cek setiap 2 jam namun jangan lebih dari 1 hari dikarenakan akan membuat marmer menjadi rapuh, Jika cara ini tidak berhasil maka marmer harus dipoles ulang, "Cairan H202 ini bisa dibeli di toko Kimia, hati hati jangan terkena tangan akan membuat gatal dan bercak putih"
  
Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat....


0 komentar:

Posting Komentar